Kamis, 23 Oktober 2014

Lubang Biopori Minggu Kedua

Nama : Claudya
NIM : 1801390492
Hari / Tanggal Pembuatan : Selasa, 21 Oktober 2014

Pada minggu kedua ini kami telah berhasil membuat empat buah lubang biopori dalam waktu setengah hari. Mau tau rahasianya? :D

Setelah merasakan ketidaknyamanan kami pada minggu pertama kemarin, kami mencari - cari solusi, kira - kira apa yang bisa kami lakukan untuk mempermudah kegiatan ini? Setelah browsing - browsing, sharing - sharing dengan rekan - rekan kami, alhasil kami menemukan sebuah alat yang bisa mempermudah kegiatan kami ini, tak lain tak bukan adalah.... Alat Bor Biopori!


Alat Bor Biopori Model "U"
(http://www.biopori.com/images/bor_lrb.jpg)

Seperti namanya, alat bor biopori ini dirancang khusus untuk membuat lubang biopori. Alat biopori yang kami gunakan ini merupakan alat biopori model "U". Kami tidak membeli alat ini, namun kami meminjamnya dari seorang rekan. Alat berbahan besi ini juga dilengkapi dengan pegangan yang berbentuk seperti stang sepeda (terdapat karet di pegangannya agar tidak licin ketika digunakan) sehingga penggunanya merasa nyaman ketika melubangi tanah.

Kembali ke project kami. Pertama kali menggunakan alat bor biopori ini di lubang kedua kami, kami merasa agak sedikit kesulitan, mungkin karena belum terbiasa. Namun lama - kelamaan kami pun mulai terbiasa untuk menggunakannya, malah merasa nyaman.  

Cara menggunakannya mudah saja, pertama-tama basahi dengan air area tanah yang ingin dibuat lubang, lalu tancapkan alat bor ke tanah yang sudah dibasahi,  setelah itu putar-putar alat bor biopori nya. Setelah tanah yang tersangkut di bor biopori penuh, angkat bor biopori dan sisihkan tanah tersebut. Hal ini dilakukan berulang-ulang kali hingga lubang mencapai kedalaman kurang lebih 75cm. Meskipun terasa lebih mudah, namun penggunaan alat biopori ini tetap menguras tenaga karena kondisi tanah yang padat di permukiman ini. 

Ini adalah salah satu dari empat lubang biopori yang berhasil kami buat minggu ini  :


Membuat empat lubang sekaligus dalam satu hari sangat melelahkan, namun kami puas karena telah berhasil membuat cukup banyak lubang kali ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar